Senin, 02 Juli 2012

Baby-led Weaning Part 5 - Food for Baby 8m+

Berenang dalam lautan bihun.

Saatnya mengumpulkan berbagai menu makan Little Big Rei setelah beranjak 8 bulan (note: sekarang Rei sudah 9 bulan). Di tahap ini, bahan makanan sudah bisa dicampur-campur alias di-resep. Ada yang sangat disukai Rei, ada yang tidak. Saya tambah belajar mengenali selera Rei. Saya kumpulkan gambar menu di sini. Sebetulnya banyak juga menu yang bahan makanannya utuh (tidak dicampur-campur), tetapi diberi bumbu (tanpa gulgar). Ini agar Rei mengenali tekstur dan rasa asli makanan itu. 

Tidak semua menu bisa ditulis cara membuatnya. Selain karena kurang waktu, juga karena nyamuk-nyamuk sialan ini sangat mengganggu di malam hari. Jadi, pengennya saya cepat-cepat masuk kelambu.  

Bakso Ayam Oatmeal. Cara buatnya sama seperti bakso yang lain, tetapi tepung tapioka atau terigu atau kanji diganti dengan Oatmeal. Ini karena Rei sudah lulus oatmeal dan saya enggan tes tepung-tepungan. Masih banyak jenis makanan penting yang antri diuji.

Bakso ayam oatmeal


Nasi Kuning Lele. Bawang putih, bawang bombay dan kunyit disangrai di atas fry pan sampai harum, masukkan lele cacah (tanpa duri), masukkan air. Sisihkan kaldunya. Lele  dan sedikit kaldu tetap di atas fry pan. Masukkan nasi, aduk sampai air kering. Angkat.



Nasi Ungu dan Nasi Hijau. Cara membuatnya sama dengan nasi kuning. Ungunya didapat dari cacahan buah bit. Hijau didapat dari brokoli.


Nasi ungu + Buncis panggang

Sup iga. Tulangnya dibuang karena tajam. Rei kenyot dagingnya saja

Nasi Hijau + Sup Iga

Percaya ngga, bayi 7-9 bulan bisa mencabik-cabik dan makan paha ayam kampung? Daging ayam tidak dihaluskan atau di-blender. Ini dia: Nasi Ati Ayam + Paha Ayam Kampung + Kacang Panjang + Kaldu. Ayamnya dikasih utuh seperti dalam gambar. Ada foto Rei makan ayam ini and the mess he left di sini ;-))

Nasi ati + ayam kampung

Rei suka sekali belut panggang! Sangrai bawang putih, bawang bombay, kemiri (kadang untuk gurihnya kemiri bisa diganti kunyit atau ketumbar). Masukkan belut. Panggang di atas frying pan sebentar. Masukkan air dan kentang untuk membuat kaldu. Angkat kaldu secukupnya untuk diminum. Tinggalkan belut dan kentang dengan sedikit kaldu, panggang lagi sampai kering. Semua bahan protein hewani yang dipanggang melalui cara panggang seperti ini.


Ini juga kesukaan Rei: Belut dan nasi panggang.

Nasi dan belut ludes, Tinggal labu.

Makan nasi kuning. Tak lupa kaki diangkat ke atas piring ;-))

Vegetarian food: kapri + genjer + kentang + jeruk baby. Tinggal dipilih.

Kentang panggang bisa diganti nasi. Nasinya dipanggang juga. Alternatif karbohidrat lainnya adalah bihun, jagung manis rebus dan oatmeal. Supaya bisa dipegang, oatmeal dicampur dengan daging sapi, ayam atau ikan untuk dibuat bakso.

 

 

Kentang panggang dan belut panggang. Yummy!



Lele rebus dan bihun (direbus dengan kaldu lele)

Daging + kentang panggang. Kapri + cacahan brokoli


Gabus panggang. Nasi gurih dengan kacang polong.


Masih diberikan makanan utuh: Lele + jagung

Kukus-kukusan dan Rebus-rebusan

Kentang isi sayur (dikukus)


Pastel tutup ubi. Siapkan dua sendok makan.

Menu Manis untuk Santapan Sore

Pear-Kurma-Oatmeal

Sup buah: pear + alpukat






Diberi alternatif: Bola ubi mangga + Jeruk baby + Melon.



24 komentar:

  1. Mom.. Seneng banget liat menu2 diatas + anaknya yg makannya lahap..
    Itu udah bisa makan nasi org dewasa begitu umur brp ya mom?
    Anak saya umur 7bulan 12hari, tadinya makan saya suapin pake sendok.. Itu pun makannya pure sayur ato buah ato bubur nasi/ ubi2an, sebulan awal lancar, tp masuk 7bulan udh ga mau mkn.. Saya cb make metode BLW, anaknya mau.. Saya cm bingung menunya gmn dan ngasihnya sperti apa.. Klo kayak foto2 diatas udh bisa blm ya untuk anak 7m12d? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, salam kenal mom. Wah, selamat ya. Anaknya cocok BLW. Terusin aja mom. Dia berbakat BLW tuh. Coba menu polos2 aja dulu, berupa potongan buah, sayur, kentang kukus. Udah bisa kok dikenalin nasi di usia 7m12d. Taruh aja di piring, nanti dia rauk sendiri dan masukkin ke mulut. Menu diatas juga udh bisa dicoba. Tapi kalau BLW, lauk (protein) biasanya baru diberikan pas usia 8m+. Kalau bisa, menu tidak pakai gula garam ya mom, sampai setidaknya usia setahun. Salam utk si kecil.

      Hapus
    2. Iya mom, saya jg dari awal no gulgar..
      Saya udah ngenalin protein dari umur 6,5bulan.. Menunya sebenernya udah bervariasi banget (ayam, daging sapi, ikan2an, berbagai macam sayur, dll) tapi selama ini masih dalam bentuk bubur. Dikukus terus disaring..
      Brarti udah bs kayak menu2 diatas ya klo gt? Ukuran2nya kira2 sperti di foto ya? Sbnrnya agak ga kebayang sih gmn makannya klo dikasih potongan kyk belut ato nasi2an gitu :D tapi penasaran bgt pengen nyoba
      Itu nasinya kelembekannya sama kyk nasi yg kita mkn mom? Ga dibuat lebih lembek lg?
      Klo kyk kentang gt dikukusnya sampe bnr2 lembek ya?
      Makasih ya mom, maaf byk nanya :)

      Hapus
    3. ooo..kalo getu dilanjutin aja proteinnya mom. Tekstur makanan bayi BLW sama dgn org dewasa. Jd gak ada puree dan gak dilembekkin. Nasi ya sama dgn nasi org dewasa. Kentang dikukus sampai bisa dimakan spt kita org dewasa makan. Kalo belut, awal2 sy berikan belut besar ukuran pjg kira2 3 cm. Stlh matang, tulang punggungnya dibuang. Kalo sayur, berikan yg seratnya halus, spt wortel, labu, lobak, brokoli, kembang kol, dll. Jgn khawatir ttg tekstur mom. Bayi itu gusinya tajam lo. Meski gak punya gigi, bayi bs potong dan mengunyah makanan dgn gusi. Dia juga akan menghisap sari2 sayur atau buah dgn menyedot. Boleh nanya2 lg kalo msh penasaran. Good luck ya, mom!

      Hapus
    4. Ahh momma makasih banget info2nya.. Rasanya masih banyak banget yg pengen ditanya..
      Oia, klo misal pas lg mkn apel ato kentang, trs kita ngeliat gigitan yg kemakan gede, itu kita lgsg ngambil ke mulutnya ato nunggu dia ngeluarin sndiri?

      Hapus
    5. hi mom. biarin aja si kecil pegang kendali. kalo potongan makanan di dlm mulut terlalu besar, pasti bayi akan melepeh sdr. bayi itu pinter bgt lho. tdk mgkn dia memaksakan diri menelan makanan yg lbh bsr dr lubang kerongkongannya. dia pst akan melepeh, tetapi ini bukan muntah atau tersedak. kalo blm trampil potong makanan, dia akan menyedot utk ambil sarinya. kalo ada makanan dlm mulutnya, jgn diintervensi dgn masukkin jari kita ke mulutnya. jgn juga nyodokin makanan ke mulut bayi ketika dia lg makan. ini dilarang keras oleh Gill Rapley, yg menulis buku BLW. Dua faktor utama yg bikin tersedak adl bukan ulah si bayi, tetapi org dewasa yg memasukkan makanan atau minuman ke dlm mulut bayi dan/atau memposisikan bayi bersandar. pastikan bayi didudukkan tegak ketika makan. ini bbrp link ttg Do's dan Don'ts dlm mempraktikkan BLW:

      http://www.mum2b.com/baby-weaning-dos-and-donts.php

      http://babyledweaningoz.blogspot.com/p/dos-and-donts.html

      http://www.borstvoeding.com/voedselintroductie/blw/engels.html

      semangat ya, momma!

      Hapus
  2. Hai..
    Baru baca blognya dan sangat tertarik. :D
    Anak ku uda 8bln, awal2 sih makan disuapin. Dan paling dikasi food finger gtu aja bwt belajar gigit2, cm berhubung aku kerja, org rumah kadan suka ga berani ngasih food finger krna takut tersedak.
    Nahh.. Uda seminggu ini anakku lg ga mau makan. Pgnnya pegang2 sendok sendiri, jadi aku mulai nyari metode BLW..
    Klo menurut mom, anakku uda bisa lgsg dikasi makanan yg campur2? Soalnya klo mam disuapin pun uda makan segala macem sih :D uda yg kasar2 juga ga lagi blender halus sejak 7bln..
    Btw, ada nomer hp? Ato email? Kalo boleh bwt nanya2 lagi siihh..
    Tengkyu bgt yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mom.
      7 bulan udah boleh makan lauk apa aja, kecuali seafood dan telur (kuning dan putihnya) karena mengandung alergen. Ditunda sampai usia setahun. Untuk BLW, makanan gak dihancurkan dan dijadikan satu. Waktu Rei usia 7 bulan, aku msh ngasih makan satu-satu. Tapi kalau mom sudah mau berikan yg kombinasi, berikan nasi, lauk, sayur terpisah ya mom (gak dicampur seperti bubur kasar), spt layaknya org dewasa makan saja. Tujuannya, agar anak mengenal rasa asli dari setiap jenis makanan. Dia bisa pilih yang mana yang dia suka. Ini intinya metode BLW

      Emailku: momma.cuek@gmail.com. WhatsUp: +6287885756767.
      Selamat ber-BLW momma.

      Hapus
  3. Mom itu piringnya rei lucu banget yang biru..kalo boleh tau merk-nya apa ya mom?hihi...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas bundaaa :( Piringnya namanya SKIP-HOP. Bagian berwarna biru terbuat dari karet dan cukup kokoh dan berat, sehingga anak gak gampang lempar piringnya heheh

      Hapus
  4. Bun
    Caranya gimana si biar piringnya ga diserang
    Baby ku slalu numplekin piringnya 😂

    BalasHapus
  5. Bun gimana si triknya biar piringnya ga di serang
    Baby ku slalu numplekin piringnya
    Kl ga boleh malah jadi ngamuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bunda, usia brp anaknya dan sudah brp lama makan secara BLW?
      Pd tahap awal makan, normal bila anak lempar piring hehehe.
      Pilih piring yang agak berat bagian bawahnya bunda. Supaya gak gampang diangkat oleh dedeknya. Happy BLW dan semangat yaa. Kalau mau ngobrol2, pakai WA aja ya. Nomernya +6287885756767

      Hapus
  6. Mba ruth WA nya sudah ga aktif ya?
    Mba, nasi panggang, nasi gurih & kentang panggang itu gmn cara bikinnya? Pakai teflon or oven? Thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Anarinanta, panggangan di artikel ini pakai frying pan teflon mbak. Kalau sekarang, krn sudah punya dapur semi-outdoor, saya lbh srg manggang asap. Rei suka. WA ku msh aktif +62 878-8575-6767. Kalau sulit, saya aja yg add mbak. No WA nya brp?

      Hapus
  7. Mbak, pengen ngobrol2 ttg blw boleh ga..? WAnya msh aktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak. WA saya msh aktif. Kalau tdk tembus ke wa saya, lbh baik saya saja yg add mbak. No WA nya brp? Salam.

      Hapus
  8. Metode BLW memang menakjubkan,
    bayi bereksplorasi bermain dengan makanan,
    melatih sensorik motorik dan tentu saja kenyang :)

    Semoga semakin banyak bunda yang ikut merasakan dan menikmati metode blw ini :)

    Permisi bunda sekalian,
    Mohon maaf.
    Jika ada bunda yang berminat membeli buku BLW namun sulit mendapatkan nya,
    saat ini saya ready stock
    buku BLW edisi terjemahan Bahasa Indonesia
    cetakan terbaru, cetakan ketiga, Mei 2015.
    Silahkan hubungi saya di whatsapp 08788 4528 108.
    Terima kasih sebelum dan sesudah nya :)

    Happy BLW :D

    BalasHapus
  9. mom bisa tlg add WA aku, 08111043292,

    BalasHapus
  10. haloo mom daya mw tny2 ttg BLW..uda saya add tp wa nya ga bs..tolong add saya yaa..wa nya 081339497980.makasihhh mom.

    BalasHapus
  11. haloo mom..uda saya add wa nya tp ga bisa..saya mw tny ttl BLW bole mom? wa saya 081339497980 thx y mommy..corry

    BalasHapus
  12. mom,, mau konsul ttg blw dong... please add wa 089610009797. kucoba add mommy gga bs..

    BalasHapus
  13. Sudah di add ya mama semuanya. Untuk pembaca yang lain, no wa saya 081285568857

    BalasHapus
  14. boleh add saya mom di wa 081296894099 mau nanya blw daging2an usia bayi 6bln, terimakasih

    BalasHapus