Jumat, 02 Maret 2012

Ketika Susuku Tengik, ...


… saya omeli orang-orang serumah yang sering membuka-tutup kulkas sehingga menyebabkan ASI perahan (ASIP) saya basi. Semua ASIP saya berbau tengik dan sabun, sehingga anak saya, Little Big Rei (5 bulan) menolaknya habis-habisan. Semua prosedur penyimpanan ASI rasanya sudah saya lakukan, seperti mencuci tangan dulu, menggunakan botol gelas yang disterilkan dan menyimpan ASIP di bagian dalam kulkas (tidak di pintu). Karena itu, ‘kambing hitam’ tertuju pada temperatur kulkas yang naik turun akibat dibuka-tutup.

Sedihnya luar biasa waktu saya harus mencairkan dan membuang sendiri ASIP sebanyak 25 botol, rata-rata berisi 70-100 ml. Padahal tiap tetesannya sangat berharga. Sebagian besar saya peras dengan tangan, dilakukan dengan penuh tenaga dan cinta, diperas di saat saya sangat kelelahan dan membutuhkan tidur. 

Setelah kejadian membuang ASIP, saya agak lelah mental dan patah arang, sehingga libur dulu memerah ASI sampai sekitar dua bulan. Karena saya pekerja paruh waktu, saya bisa memutuskan kapan saya bekerja lagi. Saya menyusui Rei tanpa dilengkapi cadangan susu. Rei ikut kemanapun saya pergi. Dan saya anggurkan botol-botol ini.  

Botol ASIP yang dianggurkan
(botol gelas bekas You C 1000 dan Brands Essence of Chicken)

Masih merasa bahwa berbagi kulkas adalah masalahnya, saya berencana untuk membeli kulkas dua pintu yang baru dahulu, baru mulai memeras ASI lagi. Sebelum membeli kulkas baru, sepertinya Tuhan memberi kewarasan kepada saya, sehingga tergerak untuk mencari tahu tentang persoalan ASI tengik. Hasil surfing di internet membuat saya singgah di La Leche League International dan Kelly Mom.

Saya baru tahu bahwa ASI yang berbau tengik itu ternyata tidak basi dan juga bukan disebabkan oleh kulkas yang dibuka-tutup. Bila seluruh prosedur penyimpanan ASIP sudah diikuti, tetapi ASIP masih berbau tidak sedap, maka kemungkinan besar ASIP mengandung terlalu banyak enzim lipase. Enzim ini berfungsi memecah lemak sehingga mudah didistribusikan dan dicerna oleh tubuh bayi. Lipase juga membantu menonaktifkan protozoa sehingga menghindari bayi dari infeksi. Lipase yang aktif memecahkan lemak memunculkan bau yang tidak enak, seperti bau tengik, muntahan atau sabun. Tetapi ASIP yang berbau ini tidak mengurangi kandungan nutrisinya. Tidak masalah bila bayi tetap suka dengan ASI berbau ini. Tetapi jadi masalah buat saya, karena Reistar menolaknya.

Untunglah bau ini bisa dicegah dengan cara scalding atau memanaskan ASI yang baru diperah sebelum masuk ke dalam freezer. Scalding ini membantu menonaktifkan enzim lipase dalam memecahkan lemak. Tetapi memanaskan ASIP yang sudah berbau tidak akan menghilangkan baunya. Jadi ASIP berbau yang ditolak bayi tidak bisa diapa-apakan lagi selain dibuang *hiks..hiks*.

Ada beberapa pilihan memanaskan ASIP, tetapi saya pilih ala sederhana saja. ASI yang baru diperah dimasukkan ke dalam botol penyimpan berbahan gelas. Volume susu disesuaikan dengan kemampuan bayi meminum. Sekarang saya hanya menakar 50-70 ml per botol, tidak sampai 100 ml, supaya bila Rei sudah kenyang, tidak banyak susu yang terbuang.

ASIP ditaruh di dalam botol berbahan gelas.
Lalu botolnya direndam dalam gelas yang diisi air panas, yang saya ambil dari dispenser. Suhunya sekitar 80 derajat Celcius. Saya tunggu sampai 10-15 menit, lalu saya angkat dan dinginkan. Setelah itu, botol ASIP bisa langsung ditaruh di freezer

Botol yang berisi ASIP direndam air panas

Hasilnya memuaskan. ASIP beku yang dicairkan tidak bau tengik lagi dan Rei sudah mau meminumnya lewat sippy cup. Yeay!

Rei dan sippy cup 'Momma Technology'

Sayangnya, proses pemanasan susu dapat menghancurkan zat-zat anti infeksi dan mengurangi kadar nutrisi. Tetapi ASIP segar yang dipanaskan  masih lebih sehat dari susu formula. Juga tidak menjadi masalah bila bayi tidak selamanya mendapatkan ASI yang dipanaskan. Rei masih banyak mendapatkan ASI segar dengan menyusu langsung dari payudara saya. Dia minum ASIP bila saya harus meninggalkannya di rumah.
 
Ternyata banyak ibu menyusui yang ASInya mengandung banyak enzim lipase dan menghadapi penolakan ASIP oleh bayinya. Sayangnya, masalah ini tidak banyak dibahas dalam literatur manajemen laktasi asal Indonesia. Literatur yang sering dirujuk untuk masalah ini adalah buku Breastfeeding: A Guide for the Medical Profession oleh Ruth Lawrence, MD. Sangat mungkin banyak ibu menyusui (apalagi yang di kampung dan belum bisa akses internet) tidak bisa memperoleh informasi semacam ini. Semoga ibu menyusui yang senasib seperti saya, di mana saja berada, akhirnya bisa bertemu dengan informasi yang mereka butuhkan, in a way.



25 komentar:

  1. Wah, kemajuan besar nih Ruth...
    Pengalaman membuang asi juga terjadi padaku (tapi sayangnya aku tidak buang ke luar tapi ku minum sendiri xixixi) Gara-garanya opung aksara lupa menyalakan kulkas lagi sehingga asinya kupikir basi padahal jika diluar freezer dalam 1-2 jam masih bisa diselamatkan. so 2 botol @ isi 200 cc terpaksa diminum sendiri dan yang lain selamat setelah consul dengan kawan yang melakukan penelitian ttg ASI. emang indonesia tuh minim banget studi2 gini. Bayangkan orang semua berobat di RS, tapi pemahaman soal ASInya masih dangkal sekali. APA PERAN RSAB SIH!!!

    BalasHapus
  2. Sangat membantu sekali, terimakasihh.. , walopun sedih habis buang 30 botol isi 60ml krna bau sabun semua ditolak habis2an sama ayme, untung dpt artikel ini, trimakasih mom

    BalasHapus
  3. Ibuk..kmudian bgmn cara mendinginkan asi setelah direndam di gelas air dispenser utk kmudian dpt dtaruh difrezzer?

    BalasHapus
  4. Ibuk..kemudian bgmn cara mendinginkan asi yg sdh dipanaskan dg air dispenser utk kmudian dpt disimpan dfrezzer?

    BalasHapus
  5. Huhu...senasib nih, aku udah stok asip 50 kantong + 20 botol & baru ngeh saat babyku menolak meminumnya. Sedih klo harus di buang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya momma. Sudah coba di scalding blm?

      Hapus
  6. Mom, klo boleh tau, rei pke sippy cupny sejak brp bulan y?
    Ada efek bingung puting kh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Momma Nida. Sippy cup dipakai saat Rei usia 5 bulanan. Tapi jarang dipakai mom. Waktu itu sih Rei gak bingung puting mom.

      Hapus
  7. Mom, klo boleh tau rei pke sippycup ny sejk brp buln?
    Ada efek bingput kah ?

    BalasHapus
  8. Mom, kalau asip yg sdh disimpan di gabag dgn ice gel, apa boleh di scalding kemudian baru masuk freezer? Bisa spt itu?

    BalasHapus
  9. Wah kebantu bgt nih informasi..thx so much..dr kmrn tiap manasin asip kpk pas sy cicip bau tengik bikin sy pun eneg..sebelum sy sadar itu tengik, sy kasih ke bayi sy dan dy nolak keras sampe merah2 bibirnya pas dicicip malah tengik...jd bukan krna kulkasnya yah, padahal sy jg sdh sempet salahkan kulkas yg sering dibuka tutup. Ternyata krna kandungan asipnya yg bagus pantes anakku gendut..

    BalasHapus
  10. Wah makasih bgt infonya mom. Saya jg senasib, udah buang 72 kantong @ 100ml-160ml hiks. Kirain krna kulkas sering buka tutup, jd baru2 ini mulai nabung lg brharap hasilnya beda, tnyta barusan kmrn sy cium msh bau jg. Akhirnya suami saya nemu tulisan mba iniii ���� akhirnya ketemu solusinyaa.. saya mau praktekkin hr ini, smoga berhasil ya mom

    BalasHapus
  11. Oh ini sangaaat membantu..
    Saya akan coba mulai besok ��
    Baru sadar kalo lipase saya tinggi, padahal ASIP yg d donorkan sudah 25 kantong 70-150ml.
    Anakku mulai menolak Dot dan ASIP mulai usia 2bulanan ��

    BalasHapus
  12. Wahh makasi infonya ya mom, untung ketemu artikel ini. Sama, saya jg smpet buang hampir 1 liter asip karena pas saya cobain rasanya tengik. Setelah nemu artikel ini saya coba lg ngasi ke baby J eh ternyata masi mau diminum. Nanti ga buang asip lagi deh

    BalasHapus
  13. Hai mom. Boleh minta no wa mu ? Ak ada masalah warna asi pcah nih mau tanya2 thanks

    BalasHapus
  14. Proses pendinginan setelah di scalding makan waktu brp lama biasanya bun?

    BalasHapus
  15. hi mom.. ur blog is soooo helpfull.. udh agak lama sih curiga knp botol bekas asip suka berminyak banget dan bau sabun.. ternyata lipase penyebabnyha.. mom mo tanya dong, scalding tu berlaku untuk asip yg mau dibekuin aja ato untuk yg mau ditaro di kulkas bawah juga? tks before ya

    BalasHapus
  16. Makasih mommy utk info nya. Asip saya jg agak bauntengik. Tp masih mau diminum debay, cuma jd ketakutan sendiri, karena takut masak emak sebdiri ngasi asi basi. Sangat bermanfaat. Terimakasih!

    BalasHapus
  17. Makasih mommy utk info nya. Asip saya jg agak bauntengik. Tp masih mau diminum debay, cuma jd ketakutan sendiri, karena takut masak emak sebdiri ngasi asi basi. Sangat bermanfaat. Terimakasih!

    BalasHapus
  18. Maaf bun nanya.. Klo dari segi rasanya apakah berasa tengik juga?..

    BalasHapus
  19. Wow... saya terbantu dan terobati dengan artikel ini. Terimakasih banyak mom 😍😘

    BalasHapus
  20. Luar biasa sungguh bermanfaat sekali tulisan ini, walaupun aku pun sudah terlanjur membuang 20an bungkus lebih karena Aisha nolak dan ku kira basi.. akhirnya dapet solusi disini.. senang sekali.. semoga berhasil juga ��

    BalasHapus