Selasa, 24 Januari 2012

Pink Phobia

Ketika hamil, sewaktu Little Big Rei ada di dalam perut, saya baru sadar bahwa ternyata banyak sekali mommas yang takut memakaikan baju warna pink pada anak laki-lakinya. Suatu kali waktu sedang ikut senam hamil, saya bertanya pada seorang momma tentang jenis kelamin bayinya. Dia bilang sudah 4 (empat) kali pindah dokter kandungan. Dua dokter bilang calon anaknya berkelamin laki-laki, dua dokter lagi bilang perempuan. Jadi dia belum tahu betul jenis kelamin bayinya. Lalu dia bilang, untuk amannya, dia tidak beli baju-baju warna pink untuk bayinya.

Di lain waktu, saya belanja barang-barang persiapan hadirnya Little Big Rei di ITC. Ketika sedang pilih warna baju dan celana, si mbak penjaga bertanya: “Dedeknya laki atau perempuan, biar saya bantu pilihin warnanya”. Saya bilang: “Laki-laki mba. Emang kenapa?” . Dia jawab: “Ya, kalau laki-laki, yang pink engga usah dimasukin (ke plastik)”. Saya lanjut bilang: “Loh, saya malah maunya ada pinknya, masukin aja mbak.” Si mbaknya heran tetapi nyengir.  Dia lanjut menjelaskan bahwa kebanyakan pembeli yang menunggu kelahiran anak laki-laki biasanya tidak mau membeli peralatan bayi berwarna pink.

Kasihan si warna pink yang bagus itu, dilabelkan cuma boleh melekat pada anak perempuan. Orangtua takut kalau anak laki-lakinya pakai baju pink, nanti akan bertumbuh jadi  banci atau “kecewek-cewekan”.  Sementara sebaliknya, anak perempuan terlalu didorong-dorong untuk memakai barang berwarna pink: baju, mainan, alat tulis, tas, dll, yang saya bahas di sini.

Ah, padahal pink ini hanyalah sebuah warna. Dan padahal lagi, banyak loh laki-laki yang suka pink. Contohnya: ayah saya gemar pakai kemeja warna pink. Waktu pernikahan saya, dia pakai kemeja pink dan jas ungu!.  Contoh lain, lihat tuh artis korea laki-laki, makin tampan dengan baju modis warna pink.

Kasihan kan anak laki-laki yang tidak bisa memilih sesuai keinginannya. Saya yakin banyak laki-laki lain yang kepincut dengan warna pink, tapi mengurungkan niat karena takut diledekin atau tidak berani cuek.

Nah, saya momma yang ingin anak laki-lakinya suka berbagai warna, termasuk pink. Semoga Little Big Rei se-ide dengan saya dan tidak malu waktu melihat fotonya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar