Selasa, 29 Mei 2012

Absurd Olshop [Not Recommended]

Rasanya gak tahan kalau gak nulis ini. Saya baru tahu bahwa di balik online shop berjudul F**sta Sy*****a , yang katanya The Baby Bottle Specialist, dan yang website-nya kelihatan sophisticated, ternyata founder-nya emosional!

Ceritanya saya ingin order beberapa barang. Email order pertama tidak dibalas, jadi saya re-email lagi, memastikan email itu diterima atau tidak. Saya bilang saya kirim email itu, karena add to cart tidak berfungsi. Karena email kedua tidak dibalas juga, akhirnya saya sms untuk minta respon. Dia balas dengan sms bahwa emailnya baru bisa dibuka lagi *kedengarannya sistem emailnya bermasalah?*. Email saya kemudian dibalas dengan memberikan informasi stock-nya.

Nah, saya balas lagi (email ketiga), meminta informasi tentang barang pengganti yang ditawarkan. Berhari-hari tidak dibalas. Karena butuh cepat, saya akhirnya pergi ke toko bayi offline dekat rumah untuk membeli beberapa barang yang tersedia. Lalu saya sms F**sta lagi untuk order sisanya.

Kurang lebih ini percakapannya.

---ooo---

Saya: Mbak, email saya kok belum dibalas? Jadinya saya mau order doidy cup dan sendok sassy. Yang laen sudah saya beli di offline, karena lg butuh cepat. Add to cart sudah oke belum?

F**sta: Udah lama bgt kali dibalesnya .. buktinya aku dah balas kan smsnya..

Saya: Sudah aku balas lagi nanya tentang boonware set. Email f****a kyknya bermasalah. Soalnya di emailku ada file-nya. Tiap hr aku mantengin inbox, nunggu balesan :-(

(cat: Saya bilang bermasalah, karena ketika menjawab email yang pertama, dia bilang emailnya baru bisa dibuka lagi)

F**sta:  Ga ada aku terima sis..

Saya menunggu. Pikir saya: jadi bisa order atau engga ya?

F**sta:   kalo udah aku terima, aku juga bales..

Saya menunggu lagi.

F**sta: Kalau udah bisa sms, kenapa musti email lg sis.. Kan buktinya aku balas smsnya.

Saya merasa suatu yang absurd, tiga sms datang, tapi belum jelas saya bisa order atau engga. Dan kenapa mengirim email dipersoalkan?


Saya: Kalo py bebi, apa aja di tgn itu yg dipegang. Yg ini hp jadul. Gak ada internetnya. Gak bs brosing brg2 di toko. Lg buka internet di laptop ya lsg add to cart ato email. Kok ngotot sih. Sy gak jd order. Gak nyaman.

F**sta:  Laaah, sis nyalahin saya dengan bilang email saya bermasalah.. Jelas. Saya bilang yg jujur. Saya jg gak nyaman dipersalahkan sama customer..tq

Saya: Intinya saya mau order *dalam hati, kenapa gak dilayanin aja sih dari awal*. Ya sudah kalo begitu. Saya yang salah. Kamu yang benar. Maaf, kalau saya salah. Saya hy ibu culun yg mantengin laptop n butuh olshop yg lebih berempati dan tidak emosional.

Diam. Tidak dibalas.

Saya: Ngomong2 web-nya perlu dirubah tuh mbak: get closer to customer, best service, communication system easier n faster, nyantumin email add pula. Add to cart aja gak berfungsi. Email gak boleh. Hrs sms. hahaha.

F**sta: Apalagi sis? Biar sis puas deh.. ketawain saya biar sis seneng..

Saya: mau saya tulis di blog. Belajar mengendalikan emosi mbak, kalau mau jadi leading olshop


F**sta: Oiya? (y) sippp deh blognya.. Siapa tau ada indikasi pencemaran nama baik? Hmmmm... Jadi saya mau minta link u/ blognya.. kan ceritanya saya pengunjung ke blognya sis, mau baca tulisannya ... Kali ini sy yg berkunjung...


Saya: cari aje ndirii

Malam berlalu. Esok paginya (30 May 2012), jam 05.00, saya dibangunkan dengan sms ancaman dari F**sta.

F**sta: Oo.. Ada yg ga berani toH.. Kita liat nanti.. Setelah saya temukan, akan tau hasilnya..

---ooo---

Rugi pulsa kalau ngeladenin lagi. Baru nemu absurd olshop seperti ini. Ternyata, selain emosional dan gak mau terima masukan, si F**sta ini ketakutan juga namanya tercoreng dan mengancam-ngancam OR she is just having her issue over life???


I REFUSE TO BE AFRAID. Who do you think you are???

Dan asal tahu ya mbak, saya mencantumkan signature alamat blog saya di bawah email yang saya kirim ke mbak. Ngapain nyari-nyari link lageeee mbaak? Hahahah. Jelas mbak tidak menyimak.

REFLEKSI dari kasus absurd olshop ini:

Toko bayi itu berjubel jumlahnya. Banyak dari mereka yang memberikan slow response, tapi para konsumen (termasuk saya) biasanya sangat maklum, ya kan? Kebanyakan pemilik baby-related olshop adalah perempuan (ibu) yang memiliki bayi dan toddler, tidak punya asisten rumah tangga dan banyak juga yang berkarir di kantor. Mereka ingin memperoleh pendapatan dari bisnis ini.

Kita (penjual dan pembeli) sama-sama tahu persis tentang langkanya waktu bagi seorang ibu, dan kita terbiasa untuk saling berempati dan saling tetap sopan.  Sebagai konsumen, saya termasuk orang yang sabar menunggu balasan pertanyaan dari olshop dan menerima keadaan bahwa banyak olshop tidak konfirmasi bila pembayaran sudah diterima, serta suka terlambat mengirimkan barang padahal sudah dibayar.  


*Cat: kalau tidak sabar, ngapain saya sms si F**sta lagi padahal responnya lambat? Saya bisa saja langsung beli di tempat lain. Tapi kan rasanya tidak enak, masak nanya-nanya doang terus ninggalin (hit and run)?*

Nah, olshop yg absurd, yang gagal berempati, kasar dan mengancam, ya memang seharusnya ditinggalkan saja :D

4 komentar:

  1. Beeeeuuuuh!! Seumur-umur belum pernah punya pengalaman dengan Olshop kaya gini The. Sepertinya dia bermasalah dengan komunikasi. Atau bermasalah dengan daya ingat? Atau dua-duanya? Kekekeke. Tenang The, masih banyak olshop yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah. tau ngga poy, pdhl gw ngasih signature alamat blog gw di bawah email yg gw kirim. ngapain nyari-nyari link lageeee mbaak? jelas tuh org bermasalah dgn daya ingat. emailnya bermasalah, tp gak ngaku n males nge-cek. hadeeeeh, seng waras ngalah. yup, toko bayi itu berjubel jmlnya. mrk jg byk yg slow response kan? tp kita sbg customer sangat maklum. kbykn owner olshop adl ibu2 yg py bayi, gak py ART n byk jg yg ngantor. sbg customer, gw org yg sabar banget nunggu olshop yg suka telat2 ngirim brg pdhl udh dibyr. sesama ibu (penjual n pembeli) kita berempati ttg langkanya waktu dan saling tetep sopan. Nah, olshop yg absurd, gagal berempati, ya tinggalin aja. btw kyknya gw perlu tambahin komentar ini di body posting heheheh.

      Hapus
  2. kaakk.. gue mau sewa mainan colin di toko online kacrut, pas gue tanya mainan kapan nyampenya, dia kasih gue nomor supirnya, suruh gue nelpon sendiri sama supirnya.. guuuu,,,,brrraaxxx... dia pikir gue stafnya dia kali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah, dasar kacrut. yuuukk, beralih ke olshop laeennn.

      Hapus